9 Dec 2010

How Complex Our Bodies:: With Information Visualization

Author: Putri Mutiara's Blog | Filed under: Task IMK

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna dimuka bumi ini. Hal ini menjadi salah satu bukti betapa besarnya kuasa sang Khalik, yang dapat menciptakan segala bentuk dan rupa (Al-Mushawwir). Allah menciptakan manusia dalam berbagai bentuk, keadaan, ataupun sifat yang berbeda-beda. Ada orang dengan kepintaran biasa-biasa saja, namun Allah menganugrahinya wajah yang rupawan. Ada pun yang fisiknya kurang sempurna namun Allah memberikan kecerdasan yang luar biasa padanya. Ada juga orang yang hidup susah atau pas-pasan, namun memiliki keluarga yang bahagia. Ada yang belum Allah percayakan untuk dititipkan generasi penerus padanya, namun Allah mengkaruniainya harta yang berlimpah.

Tapi dari keseluruhan kategori di atas ada juga yang hidupnya mendekati kesempurnaan sebagai seorang manusia. Ya, dialah manusia yang memiliki rupa yang menarik, akal, pikiran, hati, dan jiwa yang bersih, cerdas, shalih/ah, kemudian Allah juga mempercayakan sebuah usaha yang dikelolanya dengan sukses sehingga harta yang begitu banyak dapat dibagi-bagikan kepada sesamanya, memiliki keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah dengan pasangan yang shalih/ah, serta dikaruniai anak-anak generasi penerusnya yang sehat jasmani rohani, cerdas, dan juga shalih/ shalihah. Siapakah dia? Ya sosok ‘dia’ merupakan gambaran salah satu harapan dari seorang manusia. Mungkin mereka yang berada di luar sana, mungkin juga penulis, atau mungkin itu adalah harapan Anda? Semoga pernyataan terakhir di atas menjadi doa bagi kita semua. Amin.

Sejenak tersadar kembali akan begitu besar Keagungan Yang Maha Berkuasa (Al-Jabbar) akan ciptaan-ciptaanNya. Betapa Allah Maha adil (Al-Muqsith) kepada hamba-hamba yang telah Dia ciptakan (Al-Badii’). Mari kembali ke topik awal, dimana pada kesempatan ini penulis akan membahas mengenai betapa rumitnya salah satu ciptaan Yang Maha Memberi Kehidupan (Al-Qayyum) ini, yaitu tubuh seorang manusia. Yupz, betul sekali. Tubuh seorang manusia adalah ibarat sebuah komputer. Dimana manusia merupakan komputer paling canggih yang tiada bandingannya di dunia ini. Namun, terdapat perbedaan nyata diantara keduanya. Apakah itu? Yapz, it’s a soul, jiwa. Dalam diri setiap insan di dunia ini pasti memiliki jiwa, nyawa, atau lebih tepatnya ruh. Yang dengannya segumpal daging dan tulang belulang tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Bayangkan ketika Yang Maha Memberikan Kehidupan (Al-Muhyi) memintanya untuk dikembalikan kembali padaNya, relakah Anda memberikannya? Sudah siap kah perbekalan Anda dalam perjalanan menuju sebuah kehidupan yang abadi kelak?

Bagaimana cara menyiapkan perbekalan tersebut?

Tahu kah teman, ada satu perbuatan yang mungkin sederhana, sepele, tapi memiliki kekuatan yang sangat dasyat yang dapat menghubungkan Anda langsung kepada Yang Maha Agung (Al-‘Adhiim). Apakah itu? Syukur. Ya, syukur merupakan sebuah ungkapan sebagai salah satu rasa terima kasih kita terhadap Yang Maha Memberi (Al-Wahhaab). Bentuknya bermacam-macam, dapat berupa doa, amal perbuatan, maupun puji-pujian yang ditujukan kepada Allah, salah satunya adalah dengan memuji, berdzikir dan bertasbih, terhadap ciptaan-ciptaanNya, seperti tubuh manusia. Pada kesempatan ini, penulis menemukan sebuah situs yang ingin dishare kepada Anda, yaitu tentang pembelajaran mengenai tubuh manusia yang menggunakan teknik visualisasi informasi, dimana informasi yang disampaikan lebih diutamakan dalam betuk visual atau gambar. Sedikit informasi, situs ini menampilkan sebuah informasi visual mengenai berbagai sistem anatomi tubuh manusia.

Di bawah ini merupakan bagian tampilan muka halaman website tersebut. Namun, belum mencakup keseluruhan halaman yang ditampilkan, karena adanya scroll. Biar lebih jelanya, silahkan kunjungi http://www.innerbody.com/.

Bagaimana cara kerja situs ini?

Saat membuka pertama kali situs ini, perhatian mata Anda pasti akan langsung tertuju pada gambar anatomi tubuh manusia tersebut. Pertanyaannya, apakah gambar tersebut bisa diklik? Ya, gambar anatomi tersebut merupakan sebuah icon yang merujuk kita kepada halaman informasi selanjutnya, sama seperti jika kita mengklik link ‘ENTER HERE’. Yang menarik pada halaman selanjutnya, situs ini akan menyuguhkan sepuluh sistem anatomi tubuh manusia. Penulis memilih salah satu sistem tersebut untuk dijadikan contoh dalam postingan ini, yaitu gambar anatomi tubuh manusia bagian sistem skeletal. Ketika penulis mengklik gambar tersebut akan muncul halaman informasi selanjutnya.

Pada halaman ini, informasi tentang sistem skeletal anatomi tubuh manusia menggunakan titik warna pada bagian-bagiannya sebagai penanda. Jika kursor diarahkan ke gambar kerangka tersebut maka akan muncul titik-titik warna yang merupakan bagian dari sistem skeletal tersebut. Di sebelah kiri gambar kerangka adalah intruksi untuk melihat gambar. Ketika kita mengarahkan kursor pada satu titik warna akan muncul keterangan dari bagian titik warna tersebut. Seperti contoh di atas titik warna yang ditunjukkan oleh kursor adalah titik Xiphoid Process of Sternum. Ketika kita klik titik warna tersebut, di sebelah kiri gambar akan muncul penjelasan dari titik warna yang kita klik tadi.

Bagian kiri gambar, merupakan keterangan dari titik-titik warna yang mewakili bagian-bagian sistem skeletal. Jadi, jika kursor diarahkan pada salah satu keterangan yang berada disebelah kiri gambar, maka akan muncul satu titik warna yang akan muncul pada gambar kerangka, yang menandakan bahwa pada bagian tersebut merupakan bagian dari keterangan gambar yang ditunjuk kursor tadi. Teknik visualisasi informasi ini sangat dianjurkan buat Anda yang suka dan ingin menghapalkan bagian-bagian sistem anatomi tubuh manusia. Bisa juga dipakai sebagai games buat tebak-tebakan. Sayangnya, website ini baru ada dalam versi Bahasa Inggris. Jadi, buat Anda yang berminat, namun minim kosakata bahasa Inggris, silahkan Anda minta bantuan ‘Mbah Google Penerjemah’ untuk mengartikan penjelasannya.. 😉

Salam penuh cinta,

Putri

5 Responses to “How Complex Our Bodies:: With Information Visualization”

  1. Dita R Budiarti Says:

    waaah, situsnya lumayan keren,,,
    bisa menyampaikan informasi sesuai dengan bagian yang kita inginkan..

    Tetapi, bagi user baru, tampilan tersebut tidak langsung bisa diartikan bahwa bagan anatomi itu bisa diklik, eh ternyata bisa.
    Awal melihat situs ini, saya lebih cenderun melihat sisi fungsinya ada di kolom ‘definition’ yang di sebelah kanan, karena ada icon ‘search’-nya…

    Tapi untuk belajar, situs ini lumayan.

  2. Putri Mutiara's Blog Says:

    Yupz.. Bener banget teh Dita.
    Sangat terbantu buat belajar dan menghapal, khususnya bagi para mahasiswa kedokteran ni.. :-)

  3. Dede Yulias Nurul Miftah Says:

    website yang menarik, tapi tulisan sanagt kecil,,, agak susah dibaca

  4. intan Says:

    hehe…

    oke !!!
    ajarin aku yaa…

  5. IKA IKRIMA Says:

    situs yang keren, isinya bagus buat iseng-iseng belajar anatomi tubuh. visualisasi gambar sangat membantu tuk memahami informasi yang terkandung. Sayangnya ukuran tulisan memang terlalu kecil untuk website sehingga menngurangi kenyamannan user dalam membacanya. :)

Leave a Reply

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme